• +62-0532-21071
  • dlh.kotawaringinbarat@gmail.com

Sekretariat

Sekretariat merupakan unsur pelaksana Dinas Lingungan Hidup yang dipimpin oleh Sekretaris dan mempunyai tugas pokok merencanakan, menyusun, melaksanakan, mengatur, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan pelayanan umum, kepegawaian dan perlengkapan, keuangan, perencanaan dan pengendalian program, serta mengkoordinasikan penyelenggaraan, evaluasi dan pelaporan tugas bidang secara terpadu.

Fungsi:

  1. Mengkoordinasikan penyusunan rencana program kegiatan dan anggaran SKPD;
  2. Mengatur pelaksanaan urusan umum, kepegawaian dan perlengkapan SKPD ;
  3. Mengatur pelaksanaan administrasi pengelolaan keuangan SKPD;
  4. Menyusun evaluasi dan pelaporan kegiatan SKPD ;
  5. Mengkoordinasikan dan membina pelaksanaan tugas bidang secara terpadu ; dan
  6. Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sekretariat terdiri dari :

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Pengendalian Program
  2. Sub Bagian Keuangan
  3. Sub Bagian Umum, Kepegawaian, dan Perlengkapan

Sub Bagian Perencanaan dan Pengendalian Program

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Pengendalian Program merupakan unsur pelaksana Sekretariat, yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok menyiapkan dan menghimpun data dari bidang sebagai bahan penyusunan program dan anggaran Dinas, serta menghimpun bahan penyusunan pelaporan.
  2. Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pengendalian Program menyelenggarakan fungsi :
  • Menyiapkan bahan dan data penyusunan program dan anggaran;
  • Menghimpun data dari semua bidang sebagai bahan dalam penyusunan program dan anggaran ;
  • Pelaksanaan penyusunan program dan anggaran;
  • Menyelenggarakan pelaporan dinas; 
  • Pembinaan, pengendalian, monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas ; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas kesekretariatan.

Sub Bagian Keuangan

  1. Sub Bagian Keuangan merupakan unsur pelaksana Sekretariat, yang `dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan penyusunan rencana, pengelolaan dan pengendalian keuangan, melaksanakan penatausahaan dan pelaporan keuangan
  2. Kepala Sub Bagian Keuangan menyelenggarakan fungsi :
  • Menyusun rencana kegiatan anggaran keuangan.
  • Melaksanakan pengelolaan dan pengendalian keuangan.
  • Menghimpun, mengklarifikasi serta mengolah data dan bahan analisa pelaksanaan anggaran, pembukuan,
  • Perbendaharaan dan verifikasi.
  • Melaksanakan akuntansi keuangan; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas kesekretariatan.

Sub Bagian Umum, Kepegawaian dan Perlengkapan

  1. Sub Bagian Umum, Kepegawaian, dan Perlengkapan merupakan unsur pelaksana Sekretariat, yang dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan umum, administrasi perkantoran, kepegawaian, kehumasan dan protokol serta perlengkapan.
  2. Kepala Sub Bagian Umum, Kepegawaian, dan Perlengkapan, menyelenggarakan fungsi :
  • Menyelenggarakan pelayanan umum, tata usaha dan surat menyurat.
  • Melakukan perencanaan kebutuhan, pengelolaan dan pengendalian, perlengkapan, perbekalan serta sarana dan prasarana
  • Melaksanakan urusan kepegawaian.
  • Melaksanakan urusan kehumasan dan keprotokolan.
  • Melaksanakan urusan perpustakaan dan kearsipan.
  • Menyiapkan bahan peraturan perundang-undangan; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris secara berkala dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas kesekretariatan.